Kenapa cowo suka berambut gondrong?

Dari banyak sumber yang gue dapet, gondrong itu keren. Gondrong itu melambangkan kemachoan luar dalem. Cih!  Malahan menurut gue, gondrong itu adalah hal terurak-urakan kesekian setelah gue ngeliat ada orang yang makan gak cuci tangan abis pup. njir! 
Gue anti cowok gondrong, gue rela putus sama pacar gue karna dia gondrong. Atau yang lebih paitnya selama dia gondrong, gue engga akan mau ketemu dia sebelum dia cukur rambut. Peraturan ini lebih di turutin dari pada putus. ehe.
Tapi suatu hari, kebimbangan menyelimuti aksara pikiran gue. Saat pacar gue suatu ketika merayu tentang ke gondrongan ini.
M: Sayang, aku gondrong ya?
G: Terserah, Tapi udah tau kan konsekuensinya?
M: Tapi aku gabisa gak ketemu kamu!!
G: Yaudah terserah.
M:  Yaudah aku kasih pilihan, gimana kalo aku nyoba gondrong, kalo bagus aku beliin kamu seri bukunya Dewi lestari. Kalo gabagus, aku janji gabakalan gondrong.
G: Curang!! fix curang.
M: Mau gak?
G: gak!
M: Dewi lestari loh…
G: Nggggggggggggg….
FYI: Dewi lestari itu salah satu penulis favorite gue, di 2014 kemarin baru mengeluarkan bukunya berjudul Gelombang seri Supernova kelima, dari  Supernova empat seri sebelumnya; Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh (2001), Akar (2002), Petir (2004), Partikel (2012). Dan keinginan gue buat nambah koleksi buku dee lagi setelah Madre, Filosofi kopi yang gue punya.

Dan yap!! Mereka jadi milik gue seutuhnya, bersamaan dengan gondrongnya rambut pacar gue. gue merasa gagal atas ke konsistenan gue yang hancur karna ilmu yang gue cari. Tapi karna ke egoisan gue yang selalu menjadi dominan dalam kehidupan gue, setiap pacar gue ngajak ketemu gue selalu bilang kalo rambutnya jelek dan gacocok sama mukanya. Seminggu pertama dan kedua dia sangat pede dengan rambutnya yang mulai panjang. Tangan gatel banget pengen gunting. Minggu ketiga, keempat dan kelima gue mulai setres karna rambutnya mulai panjang. Yang biasanya kita nonton dan jalan bisa seharian tapi kala itu kita abis nonton langsung pulang. Lama-lama dia pamer kalo rambutnya bisa pake bando, oke. Trus lama-lama lagi dia pamer rambutnya bisa di kuncir, anjir! Bunuh saja inem di rawa-rawa, mz. Jijique.
Gue muter otak gimana caranya dia ngerapihin rambutnya, dan gue bisa tenang ketemu sama dia tanpa harus merhatiin rambut dia yang seakan-akan nyeleneh bilang “mampus, mampus gue bisa milkin dia sepenuhnya *ketawa jahat*” dan seakan-akan dia menertawakan gue akan kekalahan ini. Dia gondrong karna menurutnya dia gak kerja. Oke, gue tau harus apa. “nyuruh kerja”. Tapi lagi-lagi gagal, karna dia kerja di restoran dan menuntut kesantaian berpenampilan. Sial.
Disaat rambutnya udah menutupi leher, gue jujur kalo gue gak menginginkan ini terjadi. Dia semakin bangga dengan rambutnya yang menurutnya cakep tanpa perlu minta pendapat gue yang pasti bilang jelek. Disaat gue mau bilang, ternyata dia udah cukur rambut dan kalian tau modelnya gimana? Botak! shit.
Selain gondrong, gue juga gak suka cowo botak kecuali Vin Diesel. fix dia keren banget. Bukan, bukan pacar gue itu, tapi Dominic toretto yang di film Fast & Furious.

kembali ke gondrong.

Gue teriak kaget saat ketemu dia, gabisa tergambarkan ke-spechlessan ini. Disisi lain seneng karna dia udah gak gondrong tapi di sisi lain gue sedih kenapa dia botak. Oh, God.

G: kenapa botak?!!!!
M: aku pikir kamu bakalan seneng kalo aku potong rambut. Di paksa mamah, kalo gak di potong gaboleh pulang.
G: nah bener kan kayak gembel, tapi gak botak juga!
M: Serba salah *tbtb suara geisha melantun indah di percakapan ini*
G: Lagian kenapasi gondrong segala?
M: Abisnya dulu waktu sekolah mana bolehsi gondrong, mangkanya sekarang aku bales dendam. 
G: Oh, macem tu.. 

Akhirnya gue dengan segala kemampuan gue menerima keadaan pasangan, akhirnya gue menerima kalo pacar gue kala itu botak. 
Tapi Bersamaan dengan keluarnya buku dewi lestari yang seri kelima Supernova: Gelombang, kisah kita juga berakhir. Jadi gue gabisa menuntut kebotakan itu supaya di beliin seri terbarunya.

                                                                           ***

cowo berambut panjang, terutama yang tidak terawat akan terlihat berantakan, jorok dan kotor. Meski bagi beberapa cewe, cowo berambut panjang terawat terlihat seksi, tapi banyak cewe yang justru merasa tersaingi. Karena, bisa jadi rambut pria tersebut lebih indah dari rambutnya. Gak lama, gue abis ngobrol sama anak ekonomi soal tugas yang kali ini gue masalahin, bukan satu kampus tapi satu jurusan: ekonomi. Gue memutuskan ngopi-ngopi cantik di daerah cijantung. Kenapa ngopi-ngopi cantik, karna dia gondrong, dan rambut gue juga gak cepak. Gue dengan gemesnya gregetan, karna yang gue tau rambut dia dulu gak gondrong. Gue meratiin dia yang lagi ngejelasin tugas gue, gue bener-bener gak fokus. Fokus gue kebagi-bagi saat dia mengkibaskan rambutnya waktu beberapa anak rambut menutupi mukanya. Tapi ada yang lain, ada yang beda dari rambut ini. Wangi. Gue salah satu cewe yang ribet kalo ngobrol sama lawan jenis emang, sekali dia udah gak menarik kesananya gue akan tidak tertarik. Bukannya fokus ke tugas, gue malah khilaf nanya apa merek samponya.
G: Sampo lo apa si?
D: Kenapa emang?
G: Gapapa, rambut lo wangibgt. kayaknya gue mau ganti sampo.
D: Gue abis creambath.
G: Anjir.
Ternyata rambutnya di rawat dan gue sebagai cewe merasa kalah atas perawatan untuk rambut, meskipun setiap tiga hari sekali di kasih vitamin. Tapi dia malah lebih-lebih fokus treatment perawatan rambutnya. Akhirnya kita malah jadi ngomongin rambut. Gue sampe tau ilmunya dan beberapa kali gue terapkan dirumah meski cuma beberapa kali karna waktunya yang gak sempet. Mungkin juga gue bakalan sedikit share soal perawatan rambut yang gue tau, dan kadang gue terapkan di rumah kalo engga bisa rutin ke salon.

Beberapa tahap perawatan rambut:

Setelah keramas yang pertama dilakukan: memakai hair tonic, di pake pas rambut setengah kering sambil dipijet. salah satu hair tonic yang dipakai biasanya merek Clear. Yang kedua, setelah memakai hair tonic pakai Syoss oleo intens oil elixir/Ellips ultra treatment, di pakai merata ke seluruh rambut. Dan yang ketiga L’oreal total repair night essence, dipakenya malem hari sebelum tidur. kalo bisa sorenya udah keramas. Biar rambut lembut dan mudah di atur biasanya pas abis sampoan pake conditioner, tapi kalo gak pake atau lupa pake conditioner bisa disarankan pake Victoria’s secret leave in conditioner. Hasilnya? Jangan diragukan.~
***

Jadi deskripsi yang selama ini buruk menurut gue tentang cowo gondrong tidak seburuk cowo wangi, bersih dan sering merawat rambut panjangnya itu. Kenapa gue gasuka cowo gue gondrong waktu itu, karna dia malas mandi dan rambutnya lengket karna sampoannya ngasal. sementara cowo yang wangi rambutnya ini, tidak memancarkan kejorokan saat rambutnya melambai-lambai dengan indah. Tapi tetep aja gue gasuka cowo rambut gondrong!

One thought on “Kenapa cowo suka berambut gondrong?

Add yours

Leave a Reply

WordPress.com.

Up ↑

